CARA MUDAH MEMBERSIHKAN RAM (MEMORY) PC

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN RAM (MEMORY) PC


Bagi orang yang mengetahui seluk beluk komputer, membersihkan RAM adalah hal yang biasa. Tetapi bagi sebagian orang, membuka casing komputer merupakan hal yang canggung untuk melakukannya, apalagi sampai mencabut komponen-komponennya. Satu hal yang pasti adalah, semakin bertambahnya umur komputer kita, tentunya kotor pada pin RAM tidak bisa dihindari. Debu atau kotoran yang menempel pada pin RAM menyebabkan pin tidak bisa berkoneksi dengan slot/terminal di motherboard dengan baik. Beragam masalah timbul dari kotornya pin RAM tersebut, mulai dari komputer sering restart sendiri, hang, tidak mau menyala dan lain sebagainya. Nah, pada tips kali ini kami akan sedikit mengulas bagaimana cara mudah membersihkan RAM, tidak perlu takut bongkar-pasang PC, namun demikian tetaplah berhati-hati. 
Seiring bertambahnya umur RAM biasanya pin-pin tersebut akan terlihat kusam seperti berkarat, pada dasarnya itu bukan karat. Kalo saya tidak salah ingat pelajaran Kimia SMA, ada proses oksidasi pada pin tersebut sehingga pin nya terlihat kusam, apalagi kalau casing PC jarang dibuka, bisa jadi lembab nya udara di dalam berpengaruh. Lantas bagaimana membersihkannya? Gunakanlah penghapus karet yang sering Anda gunakan untuk menghapus coretan pensil. Simpel dan mudah bukan?
Penggunaan penghapus karet untuk membersihkan RAM ini lebih maksimal daripada pakai cairan cleaner loh. Dan juga saya sendiri pernah mencoba tips ini untuk membersihkan SIM Ponsel. Dilatarbelakangi SIM pada handphone saya terkadang error tidak mau ngedetect. Saya cek memang pin pada kartu selulernya terlihat kusam. Terlintas dipikiran untuk mencoba menggosok pin pada SIM kartu seluler, dan hasilnya, error itu pergi, trust me, it works! 
Wah malah cerita kemana-mana nih, kembali ke subtopik bahasan bagaimana cara mudah membersihkan RAM. Pertama, coba lepaskan terlebih dahulu RAM dari mainboard/motherboard. Hati-hati dalam mencabut RAM, karena ada berbagai macam jenis slot RAM, tergantung dari jenis mainboard yang Anda gunakan. Begitu juga dengan cara melepas RAM. Ada RAM yang perlu ditekan kuncinya dari dua sisi secara bersamaan untuk membukanya. Ada pula RAM yang bisa langsung dicabut, ataupun berbagai cara lainnya tergantung dari model slotnya.
Sesudah RAM dicabut dari mainboard dan penghapus sudah tersedia. Mari segera lakukan ritual pembersihan pin RAM. Kalo kamu masih bingung nyari pin RAM itu yang mana, coba deh lihat gambar berikut ini.

Inilah Cara Mudah Membersihkan RAM (Memory)
Cukup gosok bagian permukaan pin yang berdebu atau kotor hingga bersih dan terlihat cerah. Setelah dibersihkan, jangan lupa bersihkan sisa penghapus yang mungkin masih tertinggal di pin RAM, setelah itu, coba pasang di Motherboard. Selamat mencoba…
Disclaimer: Penulis tidak bertanggung jawab terhadap malpraktek yang terjadi akibat kesalahan pembaca menerapkan tips cara mudah membersihkan RAM ini.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KURSUS KOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger